Loading

Mengunjungi Omah Herborist Semarang

Semarang memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata religi bahkan wisata industri, seperti Omah Herborist yang bisa menjadi salah satu destinasi unik dari perjalanan wisata di Kota Semarang.


Untuk para wanita, pasti sudah tahu Herborist kan? Yup, ini adalah produk kecantikan dan perawatan tubuh herbal seperti feminine wash, lulur, body butter, aromatherapy, sabun, essential oil, dll. Herborist berangkat dari kearifan tradisi lokal. Sebuah pengalaman dalam memahami dan menggali warisan budaya dan kekayaan alam untuk kecantikan wajah Indonesia.

Jika selama ini kita hanya bisa menggunakan poduk-produk tersebut, kini kita juga bisa melihat langsung bagaimana proses produksinya. Edutrip mengelilingi pabrik diawali dengan melihat proses riset laboratorium. Lalu pengunjung akan diajak untuk mengenal berbagai tanaman herbal asli Indonesia melalui proses produksi, packaging sampai olahan produk jadi. Meskipun herbal, yang dipakai untuk produk Herborist adalah ekstraknya, bukan tanaman langsung.

Yang perlu diperhatikan sebelum memasuki ruang produksi adalah: steril. Pengunjung akan dibekali dengan pakaian khusus yang steril mulai dari jas lab, masker, penutup kepala dan pelindung alas kaki. Selain itu, kita tidak boleh memotret dan tidak boleh asal memegang piranti dan produk di dalam pabrik.

Kemudian pengunjung akan berkeliling di ruang produksi yang berada di lantai 2. Pada bagian ini terdapat berbagai ruang, yaitu: ruang bersih, ruang penyimpanan parfum, ruang reverse osmosis, ruang timbang produk, ruang cuci alat, ruang penirisan alat, ruang pemanasan dan mixing padat, krim & cair, serta area karantina produk ruahan.

Nah, setelah berkeliling dibagian produksi, kita akan turun ke lantai 1 untuk melihat isi gudang penyimpanan, ruang labeling & barcode, ruang pengisian yag dibedakan antara cair, krim & padat, serta di area packaging

Salah satu koleksi museum mini di Omah Herborist.
Lebih dari sekedar factory outlet biasa, Omah Herborist juga mendokumentasikan sejumlah warisan sejarah herbal tradisi nenek moyang dalam sebuah museum mini yang berisikan sejarah herbal dan bahan alami untuk kecantikan dan perawatan tubuh. Di museum mini juga terdapat alat-alat tradisional untuk memproduksi jamu maupun untuk perawatan tubuh. Kita juga bisa menyaksikan film pendek di Beauty Theatre yang berkapasitas 30-50 orang.

Setelah puas berkeliling, saatnya berbelanja! Yay! Pengunjung bisa membeli berbagai macam produk kecantikan dan perawatan tubuh berbahan alami dari PT. Victoria Care Indonesia.


Pengunjung Omah Herborist tidak hanya dari kalangan ibu-ibu saja lho, ada juga pelajar, mahasiswa serta wisatawan mancanegara. Para wisatawan yang juga ingin mengunjungi Omah Herborist secara rombongan, dapat menghubungi pengelola Omah Herborist.

Demo spa corner. (Foto: Aulia Rahman)

Omah Herborist Semarang, Beauty Care Factory Outlet.
Alamat: PT Victoria Care Indonesia
Jl Jend Gatot Subroto, Kawasan Industri Candi Blok 5A/8 Ngaliyan, Semarang.
No. Telp: 024 7666 33310 – 11.

6 comments:

  1. asyekkk....jalan-jalan yang mengasyikkan ya...
    Btw, ada batasan umur nggak ya..kalau visit factory gitu, maksudnya minimal umur berapa untuk bisa berkunjung... usia anak SMP kali ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Kalo itu saya kurang tahu, Mbak Inung. Mungkin bisa langsung ditanyakan via telepon melalui nomor di atas ya.

      Delete
  2. wah perlu dicoba nih jalan kesana, nice info mba :)

    ReplyDelete
  3. Kalau mau berkunjung bagaimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. Bisa langsung hubungi pengelola di nomor telp: 024 7666 33310 – 11.

      Delete
  4. Merk lokal favoritku nih hihihi... Duh jadi pengen berkunjung. Semoga nanti ada Omah Herborist di kota-kota lain ya Mbak. Soalnya di sini kl mau cari produk herborist adanya cuma di supermarket dan itu pun nggak terlalu lengkap varian2nya.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca sampai selesai ya. Silakan tinggalkan komentarmu di sini :)